Kamis, 12 Desember 2013

KONSEP 2 PELAKU EKONOMI

Nama : Wiwit Tri Chahyani
NPM : 27212761
Kelas : SMAK06-3




KONSEP 2 PELAKU EKONOMI

PEREKONOMIAN 2 SEKTOR

Perekonomian dua sektor disebut juga perekonomian sederhana,karena hanya terdiri atas dua pelaku, yaitu rumah tangga konsumsi (masyarakat) dan rumah tangga produksi (perusahaan).


 1) RUMAH TANGGA KELUARGA
1.Rumah Tangga Keluarga sebagai Produsen
Rumah tangga keluarga dalam kegiatan ekonomi merupakan pemilik faktor produksi yang meliputi tanah, tenaga kerja, keahlian dan modal. Kegiatan produksi yang dilakukan dalam rumah tangga keluarga adalah menyediakan faktor produksi yang dibutuhkan pelaku ekonomi lainnya. Dalam kegiatan ini rumah tangga keluarga memperoleh penghasilan/pendapatan dalam bentuk uang.
2. Rumah Tangga Keluarga sebagai Distributor
Kegiatan distribusi yang dilakukan oleh rumah tangga bertujuan untuk mendapatkan penghasilan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan membuka toko atau warung, menjadi pedagang keliling atau pedagang asongan.
3. Rumah Tangga Keluarga sebagai Konsumen
Rumah tangga keluarga merupakan kelompok yang paling sering melakukan kegiatan konsumsi. Faktor yang mempengaruhi kegiatan konsumsi rumah tangga adalah:
  1. Jumlah pendapatan keluarga
  2. Jumlah anggota keluarga
  3. Tingkat harga barang atau jasa
  4. Status sosial ekonomi keluarga



  1. Sektor Perusahaan
    Gabungan unit kegiatan yang menghasilkan produk barang dan jasa.

    a. Hubungan dengan RumahTangga
    - perusahaan menghasilkan produk-produk barupa barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat.
    - perusahaan memberikan penghasilah dan keuntungan kepada rumah tangga barupa gaji, deviden, sewa, upah, bunga, dsb.
    b. Hubungan dengan Pemerintah
    - perusahaan membayar pajak kepada pemerintah.
    - perusahaan menjual produk dan jasa kepada pemerintah.
    c. Hubungan dengan Dunia Internasional
    - perusahaan melakukan impor atas produk barang maupun jasa dari luar negri.

Model arus perputaran faktor produksi, barang dan jasa, srta uang antara rumah tangga dengan perusahaan dapat kalian lihat pada gambar berikut ini


Dari gambar 1, terlihat bahwa rumah tangga konsumen (RTK) adalah sebagai pemilik faktor-faktor produksi berupa tanah, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan. Penawaran faktor produksi oleh rumah tangga ini akan bertemu dengan permintaan faktor produksi oleh perusaaan. Interaksi ini terjadi di pasar faktor produksi. Sedangkan di pasar barang, terjadi interaksi antara perusahaan sebagai penghasil barang dan jasa dengan konsumen sebagai penggna barang dan jasa. Sehingga terjadi hubungan yang saling menguntungakan satu sama lain. Dalam diagram juga terlihat arus aliran uang dari dan ke masing-masing rumah tangga. RTK menerima upah, sewa, bunga, dan keuntungan dari perusahaan sebagai balas jasa atas penyerahan faktor produksi. Perusahaan menerima uang pembyaran atas barang dan jasa yang dibeli.


Interaksi ekonomi dalam perekonomian dua sektor juga dapat digambarkan seperti di bawah ini
 


Gambar 2 menunjukkan keadaa apabila seluruh pendapatan yang di terima RTK digunakan seluruhnya untuk belanja barang an jasa. Ini berarti bahwa pendapatan sama dengan pengeluaran. Tidak ada bagian pendapatan yang tidak dibelanjakan atau dapat dikatakan bahwa perekonomian mengalami keseimbangan.



Referensi :
http://perpustakaancyber.blogspot.com/2013/05/perekonomian-dua-sektor-tiga-empat-1-2-3.html
http://www.organisasi.org/1970/01/empat-4-sektor-perekonomian-dalam-siklus-aliran-pendapatan-circular-flow-pelajaran-ekonomi-dasar.html








Tidak ada komentar:

Posting Komentar