Rabu, 20 November 2013

ANALISIS JURNAL 1 Bag.2



ANALISIS JURNAL 1 bagian ke- 2
Eka Miratul Khasanah     (222 12 411)
Mitha Filandari                (242 12 612)
Putri Maryam Anggreini (252 12 773)
Wiwit Tri Chahyani         (272 12 761)

NATIONAL INCOME (Sumber: ejeps.fatih.edu.tr/docs/articles/30.pdf‎)
1.      Tema                           : National Income
2.       Judul                          : Government Expenditure and National Income: A Causality Test  for  Nigeria
3.      Nama Pengarang       : Omoke Philip Chimobi
4.      Tahun                         : 2009
5.      Penerbit                     : European Journal of Economic and Political Studies
6.   Hasil dan Analisis       : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji arah kausalitas antara pengeluaran pemerintah dan Pendapatan Nasional di Nigeria menggunakan data tahunan untuk periode 1970-2005. Penulis menemukan bahwa variabel yang non-stasioner masih dalam levelnya, tetapi stasioner yg pertama berbeda. Penulis menerapkan pendekatan kointegrasi multivariat  Johansen untuk menguji hubungan jangka panjang antar variabel. Hasilnya menunjukkan tidak ada hubungan jangka panjang antara pengeluaran Pemerintah dan pendapatan nasional di Nigeria. Uji kausalitas Granger mengungkapkan bahwa kausalitas bergerak dari Pengeluaran pemerintah menuju Pendapatan Nasional. Hasil ini menunjukkan bahwa  pengeluaran pemerintah memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Nigeria.
Ansari et al (1997) upaya untuk menentukan arah kausalitas antara pengeluaran pemerintah dan pendapatan nasional di tiga negara Afrika Ghana, Kenya, dan Afrika Selatan, dengan menggunakan prosedur pengujian standar Granger dan uji kausalitas Holmes-Hutton (1990), yang merupakan versi modifikasi dari tes Granger. Penelitian menggunakan data tahunan pengeluaran pemerintah per kapita dan pendapatan nasional untuk periode 1957-1990. Kedua variabel dikurangi dengan menggunakan deflator PDB untuk masing-masing negara. Studi ini menemukan bahwa di Ghana, Kenya dan Afrika Selatan tidak ada hubungan keseimbangan jangka panjang antara pengeluaran pemerintah dan pendapatan nasional selama periode sampel. Untuk negara-negara ini, tidak ada bukti dari hipotesis Wagner atau sebaliknya yang mendukung hubungan jangka pendek, kecuali untuk Ghana di mana Hukum Wagner didukung.
9.   Kesimpulan dan Saran          :
·         Kesimpulan                      : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kausalitas antara pengeluaran pemerintah dan pendapatan nasional dengan menguji hipotesis Wagner dan sebaliknya di Nigeria. Penulis menggunakan metode kointegrasi Johansen - Juselius untuk mendeteksi hubungan jangka panjang antara pendapatan nasional riil per kapita dan pengeluaran pemerintah riil per kapita di Nigeria. Hasil kointegrasi bivariate Johansen mengungkapkan bahwa ada hubungan jangka panjang antara variabel-variabel stasioner yang ada.   Hasil tes kausalitas Granger menunjukkan bahwa hukum Wagner didukung oleh data yang digunakan dalam sampel penulis. Ini berarti ada hubungan sebab akibat bergerak dari pengeluaran pemerintah terhadap pendapatan nasional. Temuan penulis juga menunjukkan bahwa pngeluaran pemerintah memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Nigeria. Hal ini dapat diterima karena secara luas diyakini bahwa pemerintah telah memainkan beberapa peran penting dalam pembangunan negara.
·         Saran                    : Peningkatan pengeluaran pemerintah akan menghasilkan peningkatan yang positif dalam pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan pendapatan nasional.


1.      Tema                           : Effect Taxes terhadap Income per Kapita
2.      Judul                           : Effects of Taxes and other Government Policies on Income 
  Distribution and Welfare
3.      Nama Pengarang       : Ximming Wu, Jeffrey M. Perloff, dan Amos Golan
4.      Tahun                         : 2006
5.      Hasil dan Analisis       : Penulis telah meneliti efek dari pajak utama pemerintah, asuransi sosial, dan kebijakan redistribusi pada semua langkah-langkah ketimpangan umum menggunakan: koefisien variasi dari distribusi pendapatan, rata-rata deviasi relatif pendapatan, standar deviasi logaritma pendapatan, indeks Gini, dan indeks Atkinson untuk berbagai nilai parameter. Penulis menggunakan variasi berbagai program pemerintah di seluruh negara dan dari waktu ke waktu (1981-1997) untuk memperkirakan efek kebijakan pada distribusi pendapatan, mengontrol variabel demografis ekonomi makro dan agregat. Penelitian kami yang pertama untuk meneliti efek interaksi distribusi semua kebijakan pemerintah anti-kemiskinan besar terhadap seluruh distribusi pendapatan.
6.      Kesimpulan                :Ada empat kesimpulan utama. Pertama , adalah praktis untuk mempelajari efek distribusi dari program pemerintah karena hampir semua hasil estimasi secara kualitatif identik pada langkah ketidaksetaraan umum. Selain itu , kita menemukan bahwa hasilnya hampir sama untuk berbagai spesifikasi model dan teknik estimasi. Kedua , cara yang efektif untuk membuat distribusi pendapatan yang lebih merata adalah dengan menggunakan pajak . Tarif pajak marjinal memiliki efek menyeimbangkan kesejahteraan lebih besar daripada asuransi sosial atau program transfer langsung . Pendapatan Kredit Pajak Penghasilan memiliki efek yang diinginkan lebih kecil tapi masih signifikan secara statistik. Ketiga , hukum upah minimum dan program transfer langsung tidak memiliki efek yang signifikan secara statistik atau mengurangi kesetaraan. Keempat , program asuransi sosial cenderung memiliki efek yang relatif kecil kecuali SSI. Pengangguran memiliki efek negative distribusi yang kecil, yang secara statistik signifikan untuk mengukur bahwa pendapatan warga miskin sangat berat . Asuransi Cacat cenderung memiliki efek positif yang kecil . Penghasilan Keamanan Tambahan memiliki efek yang cukup besar.

4 SECTOR OF ECONOMY
1.      Tema                                             : 4 Sector Of Economy
2.      Judul                                             :  Export and Economic Growth in China: A Demand-Oriented
                                                               Analysis
3.      Nama Pengarang                         : - Justin Yifu Lin*
                                                               - Yongjun Li
4.      Penerbit                                       :                                                     http://www.cerdi.org/uploads/sfCmsContent/html/197/JustinLi.pdf
5.      Hasil dan analis                            :
Banyak penelitian, berdasarkan akuntansi mengidentifikasi produk domestik bruto (PDB), menemukan bahwa kontribusi perdagangan luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Cina selama 20 tahun terakhir sangat kecil. Dalam jurnal penulis memeriksa kembali masalah pertumbuhan ekonomi di China dan menemukan bahwa studi mereka meremehkan kontribusi ekspor terhadap pertumbuhan PDB dengan melihat dampak tidak langsung ekspor pada konsumsi domestik, investasi, pengeluaran pemerintah dan impor. Penulis menggunakan metode estimasi baru dan menemukan bahwa sepuluh persen peningkatan ekspor menyebabkan kenaikan satu persen PDB pada 1990-an di Cina, ketika kedua kontribusi langsung dan tidak langsung dianggap.
      Sejak inisiasi Cina dari reformasi ekonomi dan penerapan pintu terbuka kebijakan , perdagangan luar negeri di Cina telah mengalami pertumbuhan pesat . Pada tahun 1978 , nilai total dari impor dan ekspor mencapai US $ 20.640.000.000. Pada tahun 2001 , jumlah ini meningkat menjadi US $ 509.800.000.000. Rata-rata , tingkat pertumbuhan tahunan perdagangan luar negeri telah setinggi 15 % , 5,5 poin persentase lebih tinggi dari 9,5 % PDB tahunan tingkat pertumbuhan china selama periode yang sama . Hubungan antara pertumbuhan perdagangan negeri Cina dan ekonomi telah menjadi isu panas di kalangan akademisi dan pengamat China. Penelitian ini secara umum menganggap bahwa pertumbuhan ekspor telah mendorong pertumbuhan ekonomi ke depan , dan mereka memperkirakan kontribusi perdagangan asing terhadap pertumbuhan ekonomi sudah sesuai. Makalah ini milik kedua kategori . Estimasi sebelumnya kontribusi ekspor semua berbagi kesamaan kekurangan . Mereka hanya memperkirakan dampak langsung ekspor dan mengabaikan langsung dampak , yang meliputi konsumsi, investasi , pengeluaran pemerintah dan impor . Karena kekurangan ini , estimasi sebelumnya tidak boleh digunakan untuk panduan untuk perumusan kebijakan , atau kebijakan dapat menyesatkan.
Estimasi sebelumnya menggunakan identitas akuntansi berikut ini sebagai titik awal dan menganalisis kontribusi ekspor sesuai:
Y = C + I + G + (X-M) (1)
di mana Y, C, I, G, X, M mewakili masing-masing, pendapatan nasional, konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, ekspor dan impor. Membedakan (1) dengan menghormati ke waktu memberikan:
Y = C + I + G + (X-M) (1)
dimana Y=dy/dt  dan ketentuan lainnya dihitung sama.

6. *Kesimpulan                      : Bahwa ekspor belum menghasilkan banyak pertumbuhan ekonomi sejak mulai dari reformasi . Setelah argumen ini , ekonom cenderung menekankan permintaan domestik dan mengabaikan pentingnya ekspor . Berbeda dengan ini argumen , analisis dalam makalah ini menunjukkan bahwa ekspor selalu dan akan terus menjadi kontributor utama pertumbuhan ekonomi pertumbuhan China. Dalam rangka memfasilitasi perbandingan hasil dengan yang tradisional yang hanya mengukur dampak langsung ekspor, konsumsi dan investasi baru. Model sebenarnya mencakup baik penduduk dan pengeluaran pemerintah. Sekali lagi, kita harus mengetahui apakah atau tidak pengeluaran otonom oleh pemerintah adalah penting. Menurut kesimpulan CEPG itu, pengeluaran pemerintah tidak dapat dianggap sebagai jenis permintaan otonom, karena pengeluaran pemerintah adalah fungsi dari perpajakan, yang itu sendiri merupakan fungsi dari pendapatan nasional. Apakah atau tidak asumsi ini berlaku ke China merupakan isu yang perlu verifikasi.

*Saran                              : Sejak inisiasi Cina dari reformasi ekonomi dan penerapan pintu terbuka kebijakan , perdagangan luar negeri di Cina telah mengalami pertumbuhan pesat, tetapi ekspor belum menghasilkan banyak pertumbuhan ekonomi sejak mulai dari reformasi. Oleh sebab itulah pemerintah juga harus ikut campur tangan. suku bunga pinjaman untuk investasi aktiva tetap dengan satu tahun jatuh tempo, mereka diambil dari Cina Financial Yearbook, dan juga dikonversi ke suku bunga riil.


GDP dan GNP
1.      TEMA                          : GDP (http://www.omicsonline.com/open-access/2162-6359/2162-6359-1-082.pdf?aid=17205‎) dan GNP  (profile.nus.edu.sg/fass/polhaque/gnp-myth.pdf‎)
2.      JUDUL                          :  Forecasting GDP Growth Rates of India: An Empirical Study  ,The Myths of Economic Growth (GNP): Implications for Human Development
3.      PENGARANG               : Bipasha Maity, PhD and Bani Chaterjee, PhD, M. ShamsulHaque
4.      TAHUN                                    : 2012 dan 2008
5.      PENERBIT                    : managementjournals.org
6.      HASIL DAN ANALISIS   :          
GDP
GDP adalah penghitungan yang digunakan oleh suatu negara sebagai ukuran utama bagi aktivitas perekonomian nasionalnya, tetapi pada dasarnya GDP mengukur seluruh volume produksi dari suatu wilayah (negara) secara geografis (http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/06/produk-domestik-bruto-pdbgross-domestic.html). Sedangkan menurut McEachern (2000:146), GDP artinya mengukur nilai pasar dari barang dan jasa akhir yang diproduksi oleh sumber daya yang berada dalam suatu negara selama jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun.  GDP juga dapat digunakan untuk mempelajari perekonomian dari waktu ke waktu atau untuk membandingkan beberapa perekonomian pada suatu saat.
PDB menunjukkan kesehatan keuangan suatu negara secara keseluruhan-yang notabene adalah perburuan peneliti di bidang bisnis pada umumnya dan ekonomi pada khususnya. Isu-isu dari PDB telah menjadi yang paling bersangkutan antara variabel ekonomi makro dan data GDP dianggap sebagai indeks penting untuk menilai pembangunan ekonomi nasional dan untuk menilai status operasi ekonomi makro secara keseluruhan (Ning et al. 2010)
Jurnal ini menjelaskan tentang isu-isu peramalan tingkat pertumbuhan PDB di India. Data PDB telah dikumpulkan selama 60 tahun dari berbagai publikasi dari Bank India. Model tentative ARIMA yang sangat sederhana (1, 2, 2) yang dipakai oleh penulis pada data untuk memperkirakan parameter rata-rata komponen autoregressive dan pergerakan rata-rata komponen dari model ini. Hasil menunjukkan bahwa hanya satu periode dari autoregressive dan pergerakan rata-rata signifikan secara statistik. Selanjutnya, nilai absolut dari PDB diperkirakan menunjukkan kecenderungan meningkat dan tingkat pertumbuhan masing-masing mengungkapkan tren yang berlawanan di masa depan. Temuan ini akan membantu para pembuat kebijakan dan manajer untuk merumuskan strategi ekonomi dan bisnis pada gilirannya secara lebih tepat.
GNP
Jurnal ini membahas tentang ukuran GNP per kapita. Sebagai tambahan besarnya ukuran GNP per kapita sudah digunakan untuk menentukan status ekonomi suatu kota dan tingkatan hirerki pembangunan secara global. Pada umumnya, GNP dari suatu wilayah menunjukkan total nilai uang dari semua barang dan jasa yang diproduksi di wilayah tersebut dalam satu tahun lebih spesifik lagi GNP termasuk jumlah nilai uang dari total produk domestik tahunan dari suatu wilayah ditambah pendapatan (penghasilan investasi dan pengiriman uang) yang diperoleh dari warga negaranya dikurangi pembayaran dari warga negawa asing dan lembaga asing, contohnya bunga dari peminjaman luar negeri dan keuntungan yang diperoleh dari investor asing. Untuk negara-negara berkembang, pengukuran GNP terlihat lebih realistis karena di Negara-negara tersebut keuntungan dan pendapatan yang diperoleh dari investor asing jauh lebih umum dan signifikan daripada keuntungan yang diperoleh dari warga negaranya yang berada di luar negeri. Bagaimanapun, pengukuran GNP telah ada untuk mewakili “Dasar Pengukuran dari Pertumbuhan Ekonomi” dan “Kriteria Sukses” (Brown, 1990; Robinson, 1979). Seperti yang telah disebutkan diatas, pengukuran GNP digunakan untuk mengkategorikan Negara-negara disepanjang rangkaian Negara paling berkembang dan Negara paling tidak berkembang, dengan kategori lain (seperti Negara-negara yang berpendapatan tinggi, berpendapatan menengah, menengah kebawah, dan menengah keatas). Meskipun penggunaan GNP untuk menilai tingkat pembangunan telah diperluas dan mengglobal, tetapi ada batas besar atau kelemahan dari GNP untuk menilai status pembangunan di berbagai Negara. Jurnal ini juga menjelaskan bahwa ada implikasi ekonomi, politik, dan budaya yang menggunakan GNP sebagai indicator pembangunan atau meningkatkan GNP sebagai tujuan utama pembangunan nasional. Meskipun ada beberapa kekurangan dari konsep tersebut, kebanyakan pemerintah dan lembaga internasional melanjutkan untuk menggunakan GNP sebagai indicator pertumbuhan ekonomi yang dominan.
  
KESIMPULAN
GDP
Dalam penelitian ini , model ARIMA telah diperkirakan untuk meramalkan GDP dan tingkat pertumbuhan untuk beberapa tahun ke depan dengan memanfaatkan Time - Data series selama periode 1959-2011. Aspek ini tentu menegaskan keabsahan hasil yang dilaporkan dalam penelitian ini . Selanjutnya , validitas statistik model ini juga diperiksa dan dimodifikasi oleh Ljung - Box statistik . Pada akhirnya , hasilnya sangat mengesankan karena hanya satu koefisien AR dan satu koefisien MA secara statistik sangat signifikan , yang sebenarnya memperkirakan model yang sangat sedikit , yang sangat efektif untuk meramalkan GDP dan tingkat pertumbuhan di India .
Hal itu akan menarik untuk memperluas penelitian ini dengan memasukkan faktor-faktor yang mungkin berpengaruh terhadap PDB seperti tingkat pertumbuhan penduduk, tingkat pertumbuhan industri, tingkat imigrasi, dll dalam model di masa depan.
GNP
GNP digunakan untuk menentukan status ekonomi dan pendapatan disuatu wilayah dalam periode satu tahun dan GNP juga digunakan sebagai indikator pembangunan.  Walaupun ada kelemahan dari GNP untuk menilai status pembangunan diberbagai Negara  tetapi tetap saja kebanyakan pemerintah dan lembaga internasional melanjutkan untuk menggunakan GNP sebagai indicator pembangunan.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN GNP
1. Tema                       : Kelebihan dan Kelemahan GNP
2. Judul                        : ALTERNATIVES TO GROSS NATIONAL PRODUCT    
3. Pengarang               : - Richard W. England
                                     - Jonathan M. Harris
4. Penerbit                  : http://ase.tufts.edu/gdae/publications/archives/englandpaper.pdf
5. Hasil dan Analisis    :
Upaya untuk mengukur agregat pendapatan suatu negara kembali ke abad ke-17, ketika Sir William Petty merancang salah satu perkiraan pendapatan nasional pertama. Konsep perlahan berkembang, sebagai ekonom yang mengembangkan pemahaman mereka tentang bagaimana sistem ekonomi beroperasi dan perubahan sebagai masalah ekonomi utama yang dihadapi oleh masyarakat. Namun, dorongan utama untuk penciptaan akuntansi nasional yang modern pendapatan datang dengan krisis ekonomi Depresi Besar, konflik politik dan militer Perang Dunia II, dan munculnya teori makroekonomi Keynesian (Carson 1975, Ruggles 1993).
Dari analisis penulis, Para ekonom telah lama menerima bahwa untuk berbagai tujuan konsep Produk Nasional Neto ( NNP ) atau Produk Domestik Neto ( NDP ) adalah ukuran yang lebih baik dari produksi ekonomi yang benar dari GNP yang sesuai. Barang modal yang diproduksi pada suatu tahun tertentu , dan diukur sebagai investasi bruto dalam GDP , tetapi barang modal terdepresiasi pada tahun yang sama . Oleh karena itu kita harus mengurangi penyusutan dari investasi bruto , dan dari PDB , untuk memperoleh gambaran yang benar dari produksi bangsa selama setahun. Dengan kata lain , setelah dikurangi hasil akhir dari aset depresiasi adalah ukuran yang lebih baik dari kapasitas masyarakat untuk melayani kebutuhan sekarang dan masa depan anggotanya . Dalam standar akuntansi pendapatan nasional  penyesuaian penyusutan hanya diterapkan pada produksi modal seperti bangunan dan mesin . Penyusutan modal alam seperti hutan , perikanan , dan tanah belum ditemukan . Dalam beberapa tahun terakhir , berbagai penyesuaian perhitungan pendapatan nasional telah mengusulkan agar depresiasi aset akan diukur lebih komprehensif , sehingga memungkinkan lebih realistis estimasi output bersih yang tersedia untuk konsumsi saat ini dan akumulasi aset.
6. Kesimpulan             :
Kekurangan GNP sebagai ukuran kesejahteraan :
1. Ada sejumlah besar kegiatan produktif yang sebenarnya, tetapi tidak diperhitungkan
2. GNP adalah ukuran kuantitatif yang tidak mencerminkan peningkatan kualitas hidup
3. GNP hanya mengukur volume produksi tetapi tidak mengatakan apa-apa kepada warga
4. Peningkatan GNP adalah efek samping

KONSEP STOCK FLOW
Concept Stock & Flow

Tema                           : Concept Stock & Flow
Judul                             : Stock-Flow Adjustments, Government’s Integrated Balance Sheet and Fiscal Transparency
Nama Pengarang       : Mike Seiferling
Tahun                         : 2013
Penerbit (Sumber)     : www.imf.org/external/pubs/ft/wp/.../wp1363.pdf
Hasil dan analisis       :
Jurnal ini membahas tentang perbedaan aliran saham utang pemerintah, defisit fiskal, dan korelasi dengan transparansi. Menerapkan hubungan terintegrasi antara saham keuangan dan arus yang memungkinkan untuk analisis komponen deterministik yang lebih  halus yang membentuk aliran saham sisa. Dengan menggunakan langkah-langkah parsial dari residu aliran saham, beberapa studi empiris telah menemukan untuk berkorelasi secara signifikan dengan transparansi fiskal, inflasi, aturan fiskal, dan krisis perbankan. Sebuah temuan yang konsisten dari penelitian masa lalu " penyesuaian aliran saham " adalah korelasi yang tinggi antara residual saham - aliran parsial dan transparansi keuangan. Jurnal ini juga membahas apakah korelasi ini ada di konteks residu aliran cadangan yang belum teruji, terutama karena adanya keterbatasan data. Meskipun hampir semua pemerintah mengumpulkan beberapa bentuk data fiskal , bagian ini akan mempertimbangkan ' wartawan ' untuk menjadi negara-negara yang mengkompilasi statistik keuangan publik dengan cara yang konsisten dengan standar akuntansi internasional yang diatur dalam SNA 2008 dan GFSM 2001 dan memberikan data kepada Dana Moneter Internasional untuk diseminasi publik. Alasan untuk ini adalah : i ) sosialisasi kepada IMF kesediaan sinyal pada bagian dari negara untuk memiliki data keuangan publik mereka kemudian  diperiksa oleh komunitas internasional yang ahli ( transparansi ) , dan ii ) pelaporan dalam akuntansi internasional didefinisikan dengan baik. Kerangka memastikan komparatif tingkat tinggi tanpa harus membuat asumsi tentang definisi seri atau cakupan kelembagaan ( yang keduanya memiliki dampak yang signifikan pada Data ). Menggunakan data keuangan publik terintegrasi dari IMF Keuangan Pemerintah Statistik Tahunan untuk sampel 22 negara,  temuan dalam jurnal ini menunjukkan bahwa residual aliran saham memiliki besarnya signifikan yang lebih kecil dari sebelumnya yang diasumsikan dan, pada kenyataannya, tidak berkorelasi dengan transparansi fiskal. Sebuah penentu kuatnya nilai transparansi fiskal tampaknya menjadi pelaporan data actual fiskal yang meliputi pemerintah, terutama neraca keuangan penuh.

Kesimpulan    :
Tujuan utama dalam jurnal ini adalah untuk menyoroti perbedaan antara residual  aliran saham parsial dan menyeluruh dalam statistik keuangan publik dan hubungannya dengan transparansi keuangan. Dalam literature masa lalu, residu telah dihitung sebagai perbedaan antara defisit fiskal dan perubahan dalam utang bruto dari satu tahun ke tahun berikutnya. Namun, ini tidak memasukkan aliran arus ekonomi lainnya (valuasi dan volume perubahan) atau transaksi dalam aset finansial yang dalam banyak kasus memiliki efek yang signifikan terhadap neraca pemerintah. Perbedaan antara perubahan utang bruto antara periode (t) dan (t-1), dan surplus / defisit dari periode (t), karena itu, hanya melihat sebagian dari penyesuaian saham-aliran lengkap.
Dari perspektif empiris , kerangka akuntansi yang terintegrasi dari GFSM 2001, dan Pengumpulan data terkait aliran keuangan yang lengkap, memungkinkan peneliti untuk memvalidasi hasil aliran saham mereka menggunakan data yang diamati selama setidaknya 22 negara yang mencerminkan identitas akuntansi yang benar. Metodologi yang mendasari terpadu juga memastikan bahwa stok dan aliran data yang sebanding dan konsisten sehubungan dengan definisi konsep dan sektoral cakupan. Temuan dalam jurnal ini menunjukkan bahwa pemerintah yang melaporkan neraca keuangan penuh melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam mengintegrasikan saham dan arus, dan pengalaman tetapi secara signifikan lebih tinggi peringkat transparansi fiskal.

Saran  :
Membandingkan parsial dengan residu aliran cadangan lengkap untuk negara-negara menunjukkan bahwa besarnya langkah-langkah masa lalu residu itu sangat berlebihan. Selanjutnya, fiskal transparansi tampaknya lebih mudah diprediksi dengan memeriksa penerbitan data fiskal, bukan besarnya residual aliran saham, yang tampaknya tidak berbeda secara signifikan di negara yang melaporkan neraca keuangan penuh. Sementara penelitian lebih lanjut tetap dilakukan untuk mengurai hubungan antara granular arus keuangan, neraca dan fiskal transparansi.

SUBSIDI
Efek Subsidi terhadap Pendapatan Per Kapita

Tema                           : Efek Subsidi terhadap Pendapatan Per Kapita
Judul                           : Program evaluation of agricultural input subsidies in Malawi using treatment effects: methods and practicability based on propensity scores
Nama Pengarang       : Themba G. Chirwa
Tahun                         : 2010
Penerbit (Sumber)     :  http://mpra.ub.uni-muenchen.de/21236/1/MPRA_paper_21236.pdf
Hasil dan analisis       :
Starter Pack (TIP) Program merupakan salah satu program masukan pertanian seperti yang diterapkan pada tahun 1998-2004. Dalam program ini tersedia 10-15 kg pupuk dan cukup benih hibrida jagung, gratis, layak tanam 0,1 hektar lahan. Ini ditargetkan antara 33-96% dari pedesaan petani kecil yang diperkecil dari subsidi yang universal tahun 1998/99 menjadi input program yang ditargetkan pada tahun 2003/04 periode produksi (Harrigan, 2003; Levy, 2005). Tujuan dari program subsidi input pertanian di Malawi untuk meningkatkan produksi pertanian dan produktivitas petani kecil untuk makanan dan tanaman sehingga mengurangi kerentanan rawan pangan dan kelaparan. Program subsidi telah ada sejak Malawi mencapai kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1964.
Studi ini mengevaluasi dampak dari dua subsidi input pertanian yang di Malawi selama 2003/04 dan 2006/07 periode produksi terhadap pendapatan rumah tangga. Penelitian ini menggunakan teknik ekonometrik kuasi-eksperimen yang menggunakan skor kecenderungan yang cocok untuk mengendalikan bias seleksi pada penerima manfaat. Sebuah model rumah tangga untuk setiap dataset diperkirakan sama dengan Efek Pengobatan Rerata pada Pewarnaan. Bukti menunjukkan bahwa mekanisme pencocokan berkinerja baik dalam mengevaluasi dampak dari program starter pack yang memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap pendapatan rumah tangga dibandingkan dengan pertanian program subsidi masukan halus yang menunjukkan dampak positif yang signifikan pada pendapatan rumah tangga.

Kesimpulan                :
Penelitian ini menunjukkan bagaimana kita dapat menggunakan efek pengobatan untuk mengevaluasi dampak intervensi publik berdasarkan dataset independen. Penelitian ini juga telah menggunakan algoritma yang dikembangkan oleh Becker dan Ichino (2009) untuk menilai efek subsidi input pada pengeluaran pangan rumah tangga. Kesimpulan utama dari penelitian ini dapat diringkas sebagai berikut: dampak dari program subsidi input di Malawi menjadi kuat sebagai pembuat kebijakan dalam meningkatkan jumlah input disubsidi. Manfaat lebih lanjut dapat dimaksimalkan jika program ini disertai dengan proyek-proyek yang bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap layanan dasar di daerah target seperti jalan dan pasar. Ada bukti yang jelas dari dampak negatif yang signifikan dari 2003/04 Starter Pack (TIP) Program dan dampak positif  AISP yang signifikan  pada pendapatan rumah tangga ketika kita menggunakan efek pengobatan.

Saran                          :
Akses ke pelayanan dasar di daerah pedesaan seperti pasar besar dan jalan beraspal berdampak negative pada ketersediaan pendapatan rumah tangga. Kami menyimpulkan bahwa intervensi diarahkan untuk melengkapi masukan subsidi harus didukung dengan intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dasar seperti pengembangan pasar dan jalan-jalan di daerah pedesaan. Kami menawarkan beberapa rekomendasi berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ketika menilai dampak dari subsidi masukan di Malawi atau program intervensi lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan pengurangan kemiskinan. Beberapa rekomendasi yang didasarkan pada kelemahan dibayangkan ketika mengevaluasi dua dataset survei NSO dalam penelitian ini. Dalam rangka membuat program yang efektif, efisien, mandiri dan berhasil mengevaluasi intervensi publik, berikut rekomendasi yang harus diadopsi oleh pelaksana program dan kolektor data statistik nasional:
i ) Mekanisme pelacakan yang relevan harus diadopsi untuk mengumpulkan data primer tentang variabel kunci yang akan terpengaruh oleh intervensi tersebut. Dalam kebanyakan kasus model rumah tangga akan menjadi yang terbaik pada titik awal untuk menentukan jenis informasi yang harus dilacak dan bagaimana variabel dependen akan terpengaruh oleh intervensi tersebut.
ii) Dalam rangka untuk menilai dampak dari intervensi publik secara efektif dan mandiri adalah penting bahwa pelaksana program tersebut harus bergabung dengan Kantor Statistik Nasional personil di negara untuk merumuskan jenis pertanyaan dalam mengumpulkan informasi yang sama  termasuk bagian 'program intervensi'  tertentu pada kuesioner yang ada bahwa mereka secara acak kumpulkan.
iii) Tindak lanjut survei yang dilakukan oleh Kantor Statistik Nasional harus mempromosikan koleksi kelanjutan asli variabel kuesioner dikumpulkan dalam Survei Rumah Tangga Terpadu atau setidaknya pelacakan variabel umum yang relevan dengan karakteristik rumah tangga agar dapat mengevaluasi dampak dari intervensi tertentu berdasarkan pada model rumah tangga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar